Aplikasi Untuk Menghitung Masa Kerja PNS Berbasis Excel

 
Aplikasi Untuk Menghitung Masa Kerja PNS Berbasis Excel
Aplikasi Hitung Masa Kerja PNS

kolomberita.id - Microsoft Excel atau yang sering kita sebut dengan Excel merupakan sebuah aplikasi spreadsheet yang sudah sangat populer. Aplikasi Excel sangat membantu sekali dalam kita mengerjakan tugas yang berhubungan tabel. Dan bukan hanya itu saja, dengan menggunakan aplikasi Excel kita juga bisa memanfaatkan fitur Macro didalamnya. Dengan memanfaatkan Macro ini kita membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah, dikarenakan apa yang kita kerjakan menjadi otomatis.

Aplikasi Hitung Masa Kerja PNS Berbasis Excel

Sebuah Aplikasi yang dibuat khusus untuk menghitung masa kerja dari seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini dibuat menggunakan Excel dengan memanfaatkan Macro VBA didalamnya. Dengan menggunakan Aplikasi Hitung Masa Kerja ini akan membuat pekerjaan kita menjadi lebih cepat dan akurat pastinya. Berikut merupakan fitur-fitur dari Aplikasi Hitung Masa Kerja PNS Berbasis Excel ini:

Fitur-Fitur Aplikasi Hitung Masa Kerja PNS Berbasis Excel

  1. Input Data PNS; dan
  2. Hitung Masa Kerja PNS.

Sebelum kita menggunakan Aplikasi Hitung Masa Kerja PNS ini, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen dari PNS yang akan kita hitung masa kerjanya. Dan dokumen-dokumen tersebut antara lain adalah:

  1. SK/Kep CPNS; dan
  2. SK/Kep Kenaikan Pangkat Terakhir.

Penggunaan Aplikasi Hitung Masa Kerja PNS Berbasis Excel

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kita bisa meng-input-kan data PNS yang akan kita hitung masa kerjanya ke dalam aplikasi ini, dan berikut merupakan tampilan dari halaman input data PNS pada Aplikasi Hitung Masa Kerja Berbasis Excel ini:

Aplikasi Untuk Menghitung Masa Kerja PNS Berbasis Excel

Seperti yang bisa kita lihat pada gambar di atas, ada beberapa data yang harus kita input-kan ke dalam aplikasi ini, diantaranya adalah:

  1. Nama PNS;
  2. NIP;
  3. TMT Pangkat Terakhir;
  4. Masa Kerja pada SK/Kep Pangkat Terakhir; dan
  5. Masa Kerja pada SK/Kep CPNS.

Jika kita sudah meng-input-kan data dari PNS yang akan kita hitung masa kerjanya, dan kita ingin mengetahui masa kerja dari PNS tersebut, kita bisa membuka halaman Masa Kerja. Dan berikut merupakan tampilan dari halaman Masa Kerja:

Aplikasi Untuk Menghitung Masa Kerja PNS Berbasis Excel

Untuk berpindah dari data PNS yang satu ke yang lainnya, kita tinggal memilihnya melalui baris Pilih Nama PNS, yang nantinya secara otomatis akan muncul List dari data PNS yang sudah kita input-kan ke dalam aplikasi ini, berikut tampilannya:

Aplikasi Untuk Menghitung Masa Kerja PNS Berbasis Excel

Link Download Aplikasi Hitung Masa Kerja PNS Berbasis Excel

Jika Anda berminat dengan aplikasi hitung masa kerja PNS ini, bisa mengunduh/download melalui link di bawah ini:

Demikian artikel mengenai Aplikasi Untuk Menghitung Masa Kerja PNS Berbasis Excel, semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Komentar