Mengapa Anda Perlu Mengunjungi Dokter Kulit, Pentingnya Diagnosis dan Perawatan Profesional

Mengapa Anda Perlu Mengunjungi Dokter Kulit, Pentingnya Diagnosis dan Perawatan Profesional

Kolomberita.id - Penyakit kulit merupakan masalah kesehatan global yang sering dihadapi oleh banyak orang. American Academy of Dermatology Association melaporkan bahwa 1 dari 4 orang di Amerika Serikat menderita penyakit kulit. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa kondisi kulit umum yang dapat berlangsung seumur hidup, bersifat sementara, atau terkait dengan usia tertentu.

Kondisi Kulit yang Berlangsung Seumur Hidup

Beberapa kondisi kulit dapat bertahan seumur hidup dan mungkin dimulai sejak masa kanak-kanak hingga dewasa. Beberapa di antaranya adalah:

Dermatitis Seboroik: Kondisi ini sering disebut sebagai "cra*du cap" pada bayi. Pada orang dewasa, dermatitis seboroik dapat muncul di mana saja pada tubuh dan cenderung muncul dan menghilang sepanjang hidup. Pengobatannya bisa melibatkan penggunaan sampo khusus dan krim obat pada kulit yang terkena.

  • Tahi Lalat: Tahi lalat adalah pertumbuhan sel kulit yang berkumpul dengan jaringan di sekitarnya. Biasanya, tahi lalat umum tidak berbahaya, tetapi perubahan dalam penampilan tahi lalat, seperti peningkatan ukuran atau perubahan warna, harus segera dilaporkan kepada dokter untuk pengecekan kanker kulit.
  • Rosacea: Rosacea biasanya menyebabkan kemerahan pada wajah. Pada orang dengan kulit gelap, area yang terkena mungkin lebih gelap dan hangat dibandingkan dengan kulit sekitarnya. Pengobatan biasanya melibatkan penggunaan obat anti-inflamasi.
  • Lupus: Lupus adalah gangguan autoimun kompleks yang bisa memengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk kulit. Lupus dapat menyebabkan bercak merah atau cincin pada kulit, rashes seperti terbakar matahari di hidung dan pipi, serta bercak melingkar yang tidak gatal atau sakit. Pengobatan melibatkan obat-obatan dan terapi alternatif.

Kondisi Kulit Sementara

Beberapa kondisi kulit bersifat sementara dan dapat sembuh dengan waktu atau perawatan yang tepat. Beberapa di antaranya termasuk:

  • Jerawat: Jerawat adalah salah satu kondisi kulit paling umum. Gejalanya dapat berupa pustula, papula, nodula, dan kista. Orang dengan kulit gelap juga dapat mengalami bekas luka yang lebih gelap.
  • Urtikaria (Kurap): Urtikaria adalah bintik-bintik yang gatal dan membengkak. Biasanya disebabkan oleh reaksi alergi tetapi juga dapat terjadi karena stres atau penyakit.
  • Kutil: Kutil disebabkan oleh virus HPV dan bisa muncul di berbagai bagian tubuh. Mereka biasanya berwarna kulit atau lebih gelap.
  • Infeksi Kuku Jamur: Infeksi ini terjadi di sekitar, di bawah, dan sekitar kuku. Biasanya, ini memengaruhi kuku jari kaki.

Kanker Kulit

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel yang tidak terkendali di kulit dan dapat berbahaya. Terdapat beberapa jenis kanker kulit, termasuk:

  • Karsinoma Sel Basal: Ini adalah jenis kanker kulit yang paling umum dan dapat muncul di leher, lengan, atau kepala. Pada kulit yang lebih gelap, karsinoma sel basal dapat muncul sebagai benjolan berwarna cokelat atau hitam.
  • Karsinoma Sel Skuamosa: Ini adalah jenis kanker kulit kedua yang paling umum. Pada kulit yang lebih gelap, karsinoma sel skuamosa dapat muncul di kaki, alat kelamin, dan anus.
  • Melanoma: Melanoma adalah jenis kanker kulit yang paling serius karena dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Pada orang dengan kulit gelap, melanoma mungkin lebih sulit dikenali.

Artikel ini menggarisbawahi pentingnya pergi ke dokter kulit atau dermatologis untuk diagnosis dan perawatan yang tepat. Tidak ada alasan untuk menghadapi masalah kulit sendirian, dan dukungan dari profesional medis adalah langkah penting untuk perawatan yang berhasil.

Red

0 Komentar